Monitoring Evaluasi (Monev) oleh TIM Kerja PJJ PENS di PBJJ dan Sosialisasi serta Pengembangan Lanjutan Kerjasama terkait Golden Ticket

Monitoring dan Evaluasi (Monev) oleh TIM Kerja PJJ PENS di Pusat Belajar Jarak Jauh (PBJJ) PENS adalah langkah penting untuk memastikan kualitas pendidikan yang diberikan. Proses ini dilakukan secara rutin di beberapa sekolah, termasuk SMK Antartika 2 Sidoarjo, untuk mengukur efektivitas program dan mengidentifikasi area yang membutuhkan perbaikan.

Tim Kerja PJJ PENS di lakukan oleh Ir. Reesa Akbar, S.T.,M.T.,Ph.D selaku Kepala PJJ PENS , Nihayatus sa’adah, S.T.,M.T selaku Kepala Program Studi Sarjana Terapan PJJ Teknik Telekomunikasi , Hero Yudo Martono, ST.,MT selaku Kepala Program Studi Diploma Tiga PJJ Teknik Informatika dan Muhammad Fahrizal Eka Ariansah, S.Tr.T selaku Penata Layanan Operasional PJJ PENS

Di SMK Antartika 2 Sidoarjo, TIM Kerja PJJ PENS melakukan evaluasi terhadap berbagai aspek, mulai dari kurikulum hingga fasilitas yang ada. Evaluasi ini dilakukan dengan metode yang komprehensif, termasuk wawancara dengan siswa dan guru, serta observasi langsung dalam proses pembelajaran. Tujuan utama dari evaluasi ini adalah untuk memastikan bahwa pendidikan jarak jauh yang diberikan tetap berkualitas dan sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Selain itu, TIM Kerja PJJ PENS juga melakukan sosialisasi dan pengembangan lanjutan kerja sama terkait program Golden Ticket untuk PJJ PENS. Program ini memberikan kesempatan bagi siswa berprestasi untuk melanjutkan pendidikan mereka di PENS. Di SMAN 1 Krian, sosialisasi dilakukan untuk memberikan informasi mengenai program ini dan bagaimana siswa dapat memanfaatkannya.

Pengembangan lanjutan kerja sama juga dilakukan di SMK Telekomunikasi Darul Ulum Jombang. TIM Kerja PJJ PENS bekerja sama dengan pihak sekolah untuk memastikan bahwa program Golden Ticket dapat dijalankan dengan efektif. Ini termasuk penyusunan mekanisme seleksi siswa yang berhak menerima Golden Ticket dan dukungan yang diberikan kepada mereka selama proses pembelajaran.

Selain evaluasi, TIM Kerja PJJ PENS juga memberikan rekomendasi perbaikan berdasarkan temuan selama Monev. Misalnya, di SMK Antartika 2 Sidoarjo, ditemukan bahwa beberapa aspek teknis dalam pembelajaran jarak jauh masih perlu ditingkatkan. Rekomendasi ini kemudian disampaikan kepada pihak sekolah untuk ditindaklanjuti.

Di SMAN 1 Krian, sosialisasi program Golden Ticket diterima dengan antusias oleh para siswa dan guru. Mereka melihat ini sebagai peluang besar untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. TIM Kerja PJJ PENS juga memberikan panduan tentang bagaimana siswa dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti program ini.

Pengembangan lanjutan kerja sama di SMK Telekomunikasi Darul Ulum Jombang juga menunjukkan hasil yang positif. Kerja sama yang baik antara PENS dan pihak sekolah membantu dalam pelaksanaan program Golden Ticket. Ini menunjukkan bahwa kolaborasi yang erat antara institusi pendidikan dapat menghasilkan program yang bermanfaat bagi siswa.

Hasil dari Monev juga digunakan oleh TIM Kerja PJJ PENS untuk memperbaiki program PJJ secara keseluruhan. Temuan dan rekomendasi dari berbagai sekolah diintegrasikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran jarak jauh. Ini adalah langkah penting untuk memastikan bahwa PJJ PENS selalu berkembang dan mampu memenuhi kebutuhan pendidikan masa depan.

Dengan Monev yang rutin dan sosialisasi serta pengembangan lanjutan kerja sama yang efektif, PJJ PENS dapat terus meningkatkan kualitas dan memberikan kesempatan pendidikan yang lebih baik bagi siswa. Program Golden Ticket adalah salah satu contoh bagaimana inovasi dalam pendidikan dapat membuka peluang baru bagi generasi muda.

Secara keseluruhan, Monitoring Evaluasi dan kerja sama terkait program Golden Ticket oleh TIM Kerja PJJ PENS menunjukkan komitmen yang kuat untuk meningkatkan kualitas pendidikan jarak jauh. Ini adalah upaya berkelanjutan untuk memastikan bahwa setiap siswa mendapatkan pendidikan terbaik, tidak peduli di mana mereka berada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *